Kupandang Langit

Diposting oleh Author on Minggu, 31 Maret 2013

Kolong Langit Enterprise
Langit secara tata bahasa adalah sesuatu [ruang] yang berada di atas, menurut pengertian umum 'langit' juga dikenal sebagai kubah langit, biasanya mengacu pada segala sesuatu yang terletak jarak tertentu di atas permukaan bumi, termasuk atmosfir [lapisan udara] dan hingga luar angkasa. Dalam bidang astronomi, langit juga disebut falak. Hal ini merupakan kubah imajiner di mana matahari, bintang, planet, dan bulan terlihat bergerak. Falak terbagi ke dalam wilayah-wilayah yang disebut rasi bintang. Biasanya, istilah langit digunakan dari sudut pandang permukaan bumi, namun makna sesungguhnya dari istilah ini bisa beragam arti. Sebagai contoh, dalam beberapa kasus langit didefinisikan sebagai hanya bagian padat dari atmosfer.

Mengintip Langit
Bagi anda yang suka mengamati langit, kini tidak perlu memiliki teleskop sendiri, ada satu aplikasi yang perlu diinstallkan ke komputer kita. WorldWide Telescope [WWT] adalah software visualisasi Web 2.0 yang berfungsi sebagai teleskop virtual melalui pc di rumah dan di kamar kita sendiri, seperti halnya saat kita menggunakan google maps atau wikimapia untuk melihat peta dunia dari satelit.
Misi dari WWT terbagi menjadi dua:
Mengumpulkan data ilmiah dari teleskop-teleskop, observasi, dan institusi-institusi dunia dan secara temporal mempelajari berbagai hal tentang angkasa luar melalui portal berbasis internet.
Untuk merangsang minat pada sains di kalangan generasi muda, dengan menyediakan bahan ajaran bagi astronomi, temuan ilmiah, dan sains komputasi.
Software ini, jika diintall di windows, seperti halnya produk-produk microsoft lainnya membutuhkan Microsoft Silverlight, kemudian memasang perangkat lunaknya WorldWide Telescope, silahkan baca petunjuk instruksionalnya. Pada halaman unduh software [download] terdapat syarat minimum untuk dapat menggunakannya pada perangkat komputer anda.
Sebelum semua itu, pada laman Tours kita dapat melihat dan merasakan bagaimana suasana angkasa luar.
Ada dua aplikasi yang berbeda untuk dapat menggunakan teleskop virtual ini, melalui software yang kita pasangkan pada komputer kita, atau melalui websitenya sendiri, fitur-fiturnya bisa dilihat di SINI.
Hampir serupa dengan google maps, data yang terlihat bukanlah data aktual, tetapi tetap faktual, karena berdasarkan data-data penelitian ruang angkasa yang ada, dari NASA, dan penelitian angkasa luar lainnya, paling tidak WWT telah menyajikan sesuatu yang dapat memfasilitasi riset berkenaan dengan luar angkasa, dan membantu mempersempit jurang pemisah antara masyarakat umum yang awam dengan masyarakat ilmiah, para ilmuwan dunia. WWT telah maju satu langkah ke arah demokratisasi sains, dan mengubah internet menjadi "Teleskop Dunia", super komputer pada desktop pc anda sendiri.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar