Shopping Cart

Diposting oleh Author on Senin, 27 Mei 2013

shopping cart
Kereta dorong di mall atau di pusat-pusat perbelanjaan, istilah shopping cart [kereta belanja], trolley, wagon, apapun istilahnya kereta ini disediakan oleh pengelola mall sebagai alat bantu kemudahan dalam berbelanja. Bagaimana jika kita berbelanja secara online melalui koneksi internet, adakah shopping cart tersebut? jawabannya: banyak, bagi pengelola situs belanja kadang-kadang kesulitan untuk memilih shopping cart mana yang harus digunakan. Sebab hal ini akan tergantung dari jenis situs atau blog yang bagaimana yang digunakan, jenis CMS [Content Managemen System] bagaimana yang kita aplikasikan, belum lagi jika kita ingin mengintegrasikannya dengan facebook fan page.

Aplikasi, software atau program shopping cart banyak jenisnya, ada yang berbayar ada juga yang gratis [open source, GNU/GPL, General Public License] seperti salah satunya adalah Zen Cart atau tomato Cart untuk PHP&MSQL, dan banyak lagi yang berlisensi publik dengan berbagai perbandingannya.

Penulis sempat sibuk mencari-cari aplikasi shopping cart yang paling tepat untuk websitenya, terutama yang mampu berintegrasi dengan facebook fanpage, dengan syarat simple, praktis, mudah diterapkan dan terutama sekali adalah gratis :) Jadi teringat prinsip ekonomi: "mengeluarkan modal yang sekecil-kecilnya, menarik untung yang sebesar-besarnya", ujar bapak ekonomi dunia Adam Smith. Siapa Adam Smith? boleh dibaca di Adam Smith Institute dan Library Economic Liberty.

Seperti kita ketahui dan sadari semua, facebook itu hidup begitupun website atau blog lainnya sebab di belakang semua itu terdapat orang-orang yang mengoperasikannya, tentu saja orang yang masih hidup dan bukan hanya sebuah mesin, atau sebuah alat belaka. Jika anda memahami alat komunikasi yang disebut telephone [tele:jauh, phone: bunyi] baik itu yang menggunakan koneksi kabel ataupun gelombang radio yang merambat melalui udara di sekitar kita, di permukaan bumi ini, orang yang satu berbicara dengan orang yang lainnya dengan memanfaatkan fasilitas komunikasi tersebut. Dengan memahami hal ini, internet pun seperti itu, bahkan menjadi sebuah alat komunikasi yang berawal dari pengembangan dasar telegraph, telephone, hingga internet.

Berbagai aplikasi di facebook, ada yang masih beroperasi dan ada pula yang sudah tidak dapat beroperasi lagi, tergantung dari kebijaksanaan facebook itu sendiri.

Kembali ke topik semula, melakukan transaksi jual beli di internet adalah pemanfaatan suatu alat [seperti halnya, telpon] yang disebut dengan istilah 'internet' antara dua belah pihak, penjual dan pembeli, secara online. Untuk hal ini, bagi pengelola suatu situs, website atau blog diperlukan alat yang disebut shopping cart. Penulis temukan salah satu yang cukup representatif untuk digunakan pada blog anda, namanya ecwid. Trolley ini mudah diterapkan di blog maupun fanpage situs atau blog anda di facebook, pendaftaraan dan penggunaannya FREE untuk produk terbatas 10 jenis produk, sedangkan untuk produk lebih dari 10 item, anda harus upgrade ke premium account. Para pemilik blog yang menjual produk dengan jenis tersebut dapat memanfaatkan situs ini dengan mudah dan tentu saja gratis. Anda boleh cekidot fanpage Ecwid di facebook, atau langsung gunakan aplikasinya. Selamat berjualan dan semoga sukses.

UPDATE
Jika anda memiliki hosting sendiri, ada satu free [open source] e-commerce software yang secara resmi diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2007, program ini dalam format PHP dengan berbagai fitur add-ons atau modul yang banyak ragamnya. Prestashop, menjadi pemenang "2010 & 2011 Best Open-source Business Application awards".
Seperti biasa untuk memasangnya pada hosting kita, anda harus meng'unduh'nya terlebih dahulu, lalu 'unggah' dengan menggunakan Filezilla atau apapun alat 'file transfer protocol' yang anda gunakan, lalu ikuti petunjuk dan cara meng'install'nya.
Anda bisa melihat contoh yang penulis praktekkan DISINI


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar