Youtube Downloader tanpa browser

Diposting oleh Author on Senin, 30 September 2013

Youtube bukanlah barang baru bagi setiap orang di dunia ini, situs video sharing yang diciptakan oleh 3 orang bekas pegawai Paypal pada bulan February 2005, dan setelah itu kepemilikannya diambil alih oleh Google pada akhir tahun 2006.
Kita disini tidak akan membahas situs video ini, tetapi yang akan kita singgung adalah bagaimana cara mengunduh video yang diunggah di Youtube? Banyak caranya, selain dengan menggunakan video downloader baik berupa add-on di browser yang kita gunakan atau menggunakan software tambahan yang harus kita install di komputer kita.

Masalahnya, saat kita ingin menyaksikan video yang diunggah ke situs ini kita diharuskan menggunakan Adobe Flash, tool yang tidak begitu efisien dan memiliki lubang besar dalam hal keamanannya, selain itu kecepatan buffering yang begitu lamban, kecuali jika kita dengan menggunakan komputer dengan spesifikasi dan koneksi yang super cepat.
Kecepatan buffering ini akan membuat kesal penggunanya, sehingga alternatif yang dipilih adalah mendownloadnya terlebih dahulu agar dapat menikmati tayangan video tersebut secara 'smooth'.

Daripada kita menggunakan berbagai fasilitas download yang harus kita pasang di browser atau PC kita, akan lebih baik kita gunakan 'sesuatu' yang dapat mengurangi terlalu banyak ketergantungan pada semua itu. Yaitu dengan menggunakan script sederhana dari calomel.org, Beberapa keuntungan yang kita peroleh dari penggunaan script ini adalah:
  • tanpa iklan, yang biasanya disertakan pada add-on atau software
  • script yang paling aman
  • tidak perlu adobe flash
artinya, kita tinggal mencatat alamat video youtube tersebut [alamat link video] dengan tanpa harus memutarnya terlebih dahulu secara online. Cukup copy-paste link alamat tersebut di belakang script yang akan kita gunakan sebagai video downloader.
Keuntungan lainnya ialah:
  • tidak perlu membuka browser
  • Kecepatan download yang tak terbatas
Mari kita persiapkan perlengkapannya, yang pertama OS [operating system] di PC kita harus mendukung script yang ditulis dengan menggunakan Perl yang dapat dijalankan pada Linux, Mac OSX, OpenBSD, FreeBSD, atau apapun yang mendukung Perl. Singkat kata, karena sebagian besar dari kita menggunakan Windows OS, disini kita gunakan Perl untuk windows dan binaries wget.

Setelah keduanya [perl dan wget] terpasang di PC anda, silakan salin script di bawah ini, paste pada notepad lalu beri nama sesuai yang anda inginkan, mis. Utube.pl

 
Cara menggunakan:
setelah kita memiliki script tersebut, bukalah command prompt pada start menu windows, atau dengan mengetikkan CMD pada Run. kemudian, masuk ke directory/folder dimana anda menyimpan script tersebut.
contoh, penulis meyimpan script tersebut pada directory d:\youtube
pada command prompt, kita ketikkan: d: ==> lalu tekan Enter
lalu, ketikkan 'cd youtube' [tanpa tanda kutip] ==> tekan Enter
perintah unduh dengan cara ketik, misalnya:
utube.pl http://www.youtube.com/watch?v=eqjpGjuT274

Proses download akan berlangsung dengan ditandai kursor berkedip-kedip, tunggu hingga prosesnya selesai. Anda bebas surfing atau browsing bahkan dapat menutup browser yang anda gunakan dengan tanpa mengganggu proses download. Untuk memutar video bisa menggunakan media player yang sudah ada pada PC anda atau menggunakan Media Player Classic, kami sarankan menggunakan VLC karena beberapa keunggulannya.

Pertanyaan silahkan ajukan ke: pemilik dan penyusun script ini


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar