Lost CD-Key

Diposting oleh Author on Selasa, 04 Juni 2013


Windows LogoPengalaman penulis saat mengalami windows Cr#$h atau bluescreen ujung-ujungnya harus install ulang. Belakangan, setelah check ini dan itu, ternyata diketahui harddisk jebol akibat overheat. Beruntung masih ada PC satu lagi yang masih beroperasi. Bongkar laci meja, thank God masih ada cadangan harddisk dengan kapasitas yang sama besar dengan harddisk yang rusak tadi, tidak perlu dipertanyakan, semua data tidak dapat diselamatkan. Sambil twitter'an, blogger'an, berlangsunglah proses install ulang windows dengan CD yang sama saat pertama kali install. Tidak berapa lama kemudian, tampaklah hal yang seperti ini:

XP Product Key

Masalah lama dan klasik muncul, malam itu penulis kehilangan catatan 'CD-key windows intaller'nya, tidak tertera pada label di luar CD, dicari dalam CD-nya juga nihil, biasanya berbentuk *.txt notepad, dicari lebih ke dalam direktori CD folder I386 pada UNATTEND.TXT juga kodenya tidak sesuai, ah dasar CD bajakan. Surfing sana sini, juga tidak ada yang cocok. Hampir dua jam berlalu [what a waste...) belum juga menemukan solusinya, ditengah-tengah kalut dan rasa kantuk karena sudah larut malam, terbersitlah sesuatu, berasa ada lampu pijar dalam kepala. Duh, kenapa tidak dicari di windows registry pada PC yang satu lagi sebab diinstall dengan CD yang sama, oke dengan penuh rasa optimis penulis membongkar file registry, sampailah pada :
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion pada bagian ProductID

Ternyata derita instalasi masih belum selesai, kodenya terenkripsi [encrypted], halah mau selesai kapan?
Daripada 'stress' mending bakar kemenyan dulu [rokok.. maksudnya hehe], sambil masak air buat kopasus [kopisusu, red], setelah semua siap sambil ngopi dan ngebul, bergaullah dia di forum-forum 'troubleshooter', eahlah ada seorang member forum memberi tau [bukan 'tahu'... :) ] sebuah 'tool' sakti untuk dapat melihat CD-Key yang sudah terpasang di PC. Just like this one:
NirSoft ProduKey

Jika anda ingin mengetahui Product ID yang terpasang pada PC atau laptop anda, silahkan UNDUH langsung dari sumbernya.

Cerita di atas adalah kisah lama, usang dan jadul saat penulis masih belajar obrak-abrik PC Desktop, tetapi penulis yakin 'masalah' ini tetap 'up-to-date' hingga saat ini.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar